Apalah arti sebuah nama?

Pernahkah anda sekalian bertanya kepada orang tua anda tentang arti nama anda? Saya pernah. Karena nama saya Winson, dulunya saya pikir kalau orang tua saya selalu menginginkan saya menjadi seorang pemenang. At least, itulah yang saya harapkan. Tetapi waktu saya bertanya kepada mereka, mereka bilang "kalau dikasih nama Wilson, kayaknya udah banyak ya, pasaran. makanya Winson ajah"

SIMPEL BANGET!

Saya langsung berpikir apalah arti sebuah nama, mungkin memang waktu mereka memilihkan nama buat kita, mereka tidak melihat nilai arti yang terkandung di dalamnya. Mungkin ada juga yang demikian, seperti yang memiliki nama Bagus atau Indah (walaupun kadang orang nya ga sebagus namanya :p). Ada juga yang punya nama Kuat, eh... pas ketemu kok loyo? Ada juga yang seperti Melly Goeslaw, yang memberikan nama anak nya "Anakku Lelaki Hoed". Nama yang penuh arti. Bahwa anak tersebut adalah anak nya dengan Mr. Hoed, dan bahwa anak nya itu lelaki. Walaupun tidak saya sarankan menamakan anak seperti itu. Kasian geh!

Mungkin nama diberikan kepada kita lebih karena memandang nilai estetika, atau keindahan sebuah nama. Saya pernah punya teman yang bernama sangat bagus seperti Leonardo, Christophorus, atau Euginia. Tapi yah seperti yang saya bilang. Nama mungkin mengandung harapan, tapi apalah arti sebuah nama kalau anaknya ga dididik dengan baik? Nanti nya cuma menuh-menuhin halaman koran kriminal dengan nama cantik donk?

Nah, waktu itu saya ke warung kopi tempat babe saya biasa nongkrong. Di sana ngobrol-ngobrol lah saya dengan om-om atau bapak-bapak yang ada di sana. Seorang bapak bercerita kalau teman nya baru saja mempunyai seorang anak. Semua pun antusias mendengarkan cerita sang bapak itu.

Dia bercerita bahwa orang tua nya sangat berharap untuk memiliki anak laki-laki. Mereka terus mencoba dan mencoba sampai anak ke 4 mereka adalah anak perempuan. Akhirnya mereka memutuskan, kalau yang terakhir ini sudah nggak laki-laki lagi, ya sudahlah, mungkin emang belum dikasih aja. Nah cerita nya nih, anak terakhir ini akhirnya keluarlah laki-laki. Sangking senangnya, sang bapak pun memutuskan menamakan anak nya ALDINO. Karena nama itu terdengar agak jarang, maka orang-orang di warung kopi pun bertanya-tanya. "kok nama nya aneh pak?" "jarang denger orang pake nama itu pak" dan sebagainya. Si bapak pun menjelaskan bahwa nama Aldino itu memiliki arti. Arti apa?

ALhamdullilah DIa NOngol

--


0 comments: